Prosesor Terbaru Samsung Layar Tajam


Samsung telah mempublikasikan dokumen (white paper) berisi tentang penjelasan mengenai data produk dan fitur andalan prosesor  terbarunya, Exynos 5 Dual Series.

Prosesor terbaru ini bakal mendukung resolusi WQXGA (Wide Quad Extended Graphics Array) sebesar 2560x1600 yang sama dengan tingkat resolusi yang dikabarkan bakal dipakai oleh tablet 11.8 inci Samsung "P10". Keberadaan ini diketahui lewat dokumen pengadilan Apple versus Samsung.

Sebagai perbandingan, layar "Retina Display" milik New iPad dari Apple memiliki resolusi sebesar 2048x1536. Artinya, kalau dilihat secara teoritis pada tingkat kepadatan pixel-nya, resolusi WQXGA lebih besar dari Retina Display.

Selain itu prosesor baru ini bakal dipersenjatai dengan pemroses grafis (GPU) quad-core Mali-T604 dari ARM yang mendukung OpenGL ES 3.0, OpenCL 1.1, dan DirectX 11. GPU hasil rancangan ARM tersebut dikatakan mampu menghasilkan kualitas grafis sekelas console Playstation 3 atau Xbox 360, serta mampu menjalankan video 1080p di kecepatan 60 frame per detik.


Adapun sepasang prosesor utamanya dibuat dengan proses fabrikasi 32 nm High-K Metal Gate, dan dipatok berkecepatan 1.7 GHz. Basis arsitekturnya adalah ARM Cortex A-15, mirip dengan yang digunakan oleh prosesor Qualcomm Snapdragon S4 "Krait".

Untuk mendukung kinerja prosesor baru ini, Samsung memasang RAM LPDDR3 berkecepatan hingga 800 MHz yang mampu mengalirkan data sebesar 12.8 GB per detik. Ada pula dukungan untuk interface USB 3.0 dan SATA-III.

Samsung mengklaim bahwa Exynos 5 Dual dua kali lebih cepat daripada prosesor sebelumnya, Exynos 4 Dual 1.4 GHz. Sementara, konsumsi dayanya lebih rendah 30% dibandingkan prosesor-prosesor yang dibuat dengan proses fabrikasi 45 nm.

Prosesor Terbaru Samsung Layar Tajam
100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
ByUnknown

Tidak ada komentar:

Posting Komentar